Memompa ASI Membuat ASI Kering?

Pertanyaan

Selamat Sore Mba Lintang,

Mohon infonya, saya baru melahirkan bulan Februari, bayi laki-laki. Waktu bulan-bulan pertama ASI saya keluar, tapi tidak deras (mancer). Pompa ASI juga saya lakukan, tapi ketika pertama kali periksa ke dokter anak, dokter tersebut menyarankan, jangan dipompa, karena nantinya bisa kering ASInya, jadi saya ikuti sarannya, dan campur dengan sufor.

Sampai akhirnya sekarang saya jadi merasa ASI saya kurang banget, dan babynya jadi susah menyusui ASI.
Mohon bantuannya agar saya bisa kembali ke ASI, apa yang harus saya lakukan ?
Apakah masih bisa mba, dengan umur bayi yang sudah 2 bulan ?

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Nonon, Bandung

Jawaban

Pertama, selamat ya atas kelahiran putranya, semoga sehat selalu :)

Saya menyayangkan masih ada dokter yang salah dalam memberikan informasi mengenai ASI kepada pasiennya :( Yang perlu kita ketahui ttg prinsip produksi ASI adalah, semakin banyak dikeluarkan, maka ASI semakin banyak diproduksi. Jadi, justru memompa ASI adalah salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI.

Satu hal lagi yang sangat mempengaruhi produksi ASI, yaitu faktor psikis / psikologis dari sang ibu, yang berpengaruh hampir 80% terhadap kelancaran ASI. Ibu yang percaya diri, optimis, bahagia, merasa nyaman bisa memproduksi ASI dengan lancar. Kebalikannya, ibu yang pesimis ASInya cukup, kesakitan saat menyusui, depresi, tertekan, dll maka produksi ASInya makin seret.. soo, buat ibu menyusui, harus berupaya untuk tetep happy! keep positif thingking dan keep optimis! :)

Alhamdulillah bunda segera konsultasi mengenai problem menyusuinya. Karena banyak diantara ibu-ibu yang langsung menyerah pada sufor begitu tau ASInya berkurang produksinya. Usia bayi 2 bulan, belum terlambat kok bund..insya’allah masih bisa untuk kembali ASI eksklusif.

Pertama-tama, bunda harus mantapkan diri dulu, bahwa bunda akan berjuang memberikan ASI eksklusif kepada anak bunda. Kenapa saya tekankan “berjuang”? karena mmg perjalanan untuk relaktasi (membuat ASI kembali banyak) tidak mudah, dan butuh banyak kesabaran..Setelah bunda mantapkan niyat bunda.. yuk skrg kita sama-sama berusaha untuk meningkatkan produksi ASI bunda.

Untuk kembali eksklusif menyusui, memang tidak bisa langsung frontal dihentikan susu formulanya. Karena Payudara bunda perlu menyesuaikan produksinya dengan kebutuhan bayi. Jadi yang bisa kita lakukan adalah,

1. memperbanyak produksi ASI dengan memperbanyak mengeluarkan ASI, yaitu dengan menyusui ditambah dengan memerah. Perah payudara sebelum bunda menyusui, kemudian perah lagi setelah menyusui. Dan perah lagi saat bunda tidak menyusui (bayi sedang tidur)

2. mengurangi frekuensi dan kuantitas susu formula. Susui dulu bayi sampai dia puas di satu payudara. Bila masih kurang (sudah dilepas sendiri, tapi masih minta menyusu), pindah ke PD satunya lagi. Bila masih belum kenyang juga, baru tambah formula, dengan menggunakan alat bantu menyusui.

3. Perbanyak bonding dengan bayi, untuk merangsang produksi ASI. Yang gak kalah penting, yaitu bonding ini. dalam masa relaktasi, bunda perlu sesering mungkin berada bersama bayi. Urus semua keperluan bayi sendiri, biarkan urusan rumah tangga didelegasikan pada yang lain. Memandikan bayi, mengganti popok, bermain bersama bayi, melakukan skin-to-skin contact (seperti posisi IMD, dengan dada terbuka, bayi diletakkan di dada ibu).

Mengenai point ke-2, tentang  cara memasang alat bantu menyusui, bunda bisa cari di youtube.com dengan keyword : lactation aid. atau bisa datang ke klinik laktasi saya di Cikutra.

Memang penggunaan dot seringkali membuat “bingung puting” pada bayi. Apalagi bila dikenalkan pada usia dini (<4 bulan) dan diberikan langsung oleh ibunya. Insya’ allah hal ini masih bisa diperbaiki dengan pemasangan alat bantu menyusui tersebut.

Semoga info ini bisa membantu ya bund..

Happy breastfeeding with love :)

Lintang Dwi Febridiani, ST, Konselor Laktasi

Bila anda memiliki permasalahan seputar anak, silahkan kirim pertanyaan ke konsultasi@kidzsmile.info. Pengasuh Pojok Ahli Kidzsmile akan membantu anda.

2 Responses so far.

  1. novi says:

    Malam mba,

    Mba saya baru melahirkan 10 hari yang lalu. Saya mempunyai masalah dalam memberikan asi, karena bentuk puting saya tidak keluar. Saya sudah tarik puting dengan suntikan dan pompa elektrik tetapi keluarna tidak lama. Akhirnya saya memompa asi saya, dan memakaikan botol akhirnya. Tp karna asi saya tidak bs keluar bnyk pdhl saya 2 – 3 jam sekali memompa dan hanya mendapatkan 40-50ml dr 2 payudara, maka saya campur dgn formula karna anak saya masih kurang minumnya. Yang ingin saya tanyakan adalah adakah pengaruhnya jumlah asi yang d pompa saja dengan mix asi d sedot lgsng + pompa?

    Terimakasih yah mba sebelumnya.

    Novi – jakarta

  2. yhanty says:

    Slamat sore mbak
    Sya mau nya nih , saya bru sja keguguran pda khamilan 4 bulan 2 hri stelah itu Payu dara sya jdi bengkak dan sakit, saya sudah coba mengeluarkan air susunya tpi smpai sekarng masi sakit, apa yang harus saya lakukan? Mohon bantuannya


Senyum Ramadhan 2012

Mengajak sahabat untuk berkontribusi di Senyum Ramadhan bersama Kidzsmile Foundation, Program edukasi ...

Aman di Taman Bermai

Taman bermain merupakan tempat yang menyenangkan buat anak-anak. Mereka bisa ...

Mimpi ? Siapa takut!

Oleh Iman Septian Nurohman             Dalam setiap ...

Talkshow Parenting d

Salah satu unsur kesuksesan anak adalah orang tua yang betul-betul ...

BuSaPaTem

Rangkaian program EDUKIDZ AKU SIAP!!! Edisi BuSaPaTem di kampung muka ...

Senyum Ramadhan 2012

Mengajak sahabat untuk berkontribusi di Senyum Ramadhan bersama Kidzsmile Foundation, Program edukasi ...

Aman di Taman Bermai

Taman bermain merupakan tempat yang menyenangkan buat anak-anak. Mereka bisa ...

Mimpi ? Siapa takut!

Oleh Iman Septian Nurohman             Dalam setiap ...

Talkshow Parenting d

Salah satu unsur kesuksesan anak adalah orang tua yang betul-betul ...

BuSaPaTem

Rangkaian program EDUKIDZ AKU SIAP!!! Edisi BuSaPaTem di kampung muka ...